Tuesday, August 27, 2013

Mahasiswa Aceh di Taiwan sosialisasikan sistem pendidikan Taiwan di Unsyiah

ORGANISASI mahasiswa Aceh yang sedang menempuh pendidikan S1-S3 di Taiwan Ranub Lampuan, kemarin menggelar sosialisasi pendidikan Taiwan di Pusat Bahasa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Senin 19 Agustus 2013.

Acara tersebut disambut hangat oleh para lulusan baru Unsyiah. Ketua Ranub Lampuan, Muslem Daud, dalam rilis yang diterima ATJEHPOSTcom menyampaikan, kegiatan yang dibuat secara sukarela tersebut untuk menyebarkan informasi mengenai sistem pendidikan di Taiwan, beasiswa, serta gambaran kehidupan di Taiwan.
“Acara ini dikemas dengan doorprize, slide presentasi, tanya jawab dan hadiah souvenir dari Taiwan. Kegiatan ini dihadiri oleh dua puluhan peserta dari berbagai jurusan di lingkungan Universitas Syiah Kuala,” ujarnya.

Sosialisasi ini katanya juga bagian dari kegiatan masa liburan, di samping penggalangan dana untuk korban gempa Gayo yang telah dibuat beberapa waktu lalu. Sebelumnya kegiatan serupa sudah dibuat di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

“Dalam minggu-minggu ke depan teman-teman akan sosialisasikan ke Pemda Pidie, IAIN Ar Raniry, Serambi Mekah dan Pemda Sabang,” katanya.

Salah seorang peserta, Reka, menyampaikan jika kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena selain memberikan informasi pendidikan, juga mendapat wawasan dari berbagai sisi mengenai proses belajar mengajar di Taiwan. Baik dari mereka yang sedang belajar di sana maupun sudah lulus.

“Ada di antara kami yang dulunya berfikir, Taiwan itu dekat Thailand, ternyata Taiwan itu adalah Republik Cina atau Cina Taipe. Taiwan yang  jaraknya hingga enam jam perjalanan (udara) dari Aceh bertetangga dengan Republik Rakyat Cina yang selama ini kita kenal,” katanya.

Sementara itu koordinator kegiatan, Edward Iswardy, mengatakan kegiatan ini adalah Mini Expo Taiwan di Unsyiah yang dimotori oleh rekan-rekan mahasiswa dan alumni dari berbagai universitas di Taiwan.

Ia berharap para peminat yang ingin melanjutkan studi ke Taiwan bisa mendapat informasi awal. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada rekan-rekannya yang telah membantu terselenggaranya kegiatan tersebut. Khususnya kepada Direktut Pusat Bahasa Unsyiah.
Semua materi dalam kegiatan tersebut bersumber dari Elite Study in Taiwan, Kementerian Pendidikan Taiwan dan beberapa universitas seperti National Chung Hua University dan National Taichung University of Education.

Sumber : Atjehpost.com

0 comments:

Post a Comment