Wednesday, June 27, 2012

Daya Tarik Belajar di Taiwan

Oleh Khairul Rijal, Master Students at Department of Business Administration College of Management, Asia University Taichung, melaporkan dari Taiwan

JIKA Anda yang kini berada di Aceh punya keinginan kuliah ke luar negeri, jangan abaikan Taiwan sebagai salah satu tujuan Anda. Tulisan ini coba memberi panduan kepada Anda yang ingin ke Taiwan melalui jalur pendidikan dengan mendapat visa dan kartu izin sementara atas nama pelajar/mahasiswa secara mandiri.

Taiwan adalah negara yang aneh secara konstitusional. Syarat menjadi negara, yakni punya pemerintahan, wilayah, dan penduduk, sudah terpenuhi, tapi pengakuan internasional sangat terbatas karena hanya diakui oleh beberapa negara kecil yang tak memiliki kekuasaan dalam konstelasi geopolitik. Walaupun begitu, “negara setengah” ini tidak setengah-setengah dalam menjalankan kewajiban terhadap warga negaranya. 

Langkah pertama yang Anda lakukan untuk belajar ke Taiwan adalah menghubungi teman-teman Anda yang sudah berada di Taiwan. Bisa dilakukan lewat e-mail ataupun bergabung di beberapa mailing list pelajar Indonesia di Taiwan. Bisa juga dengan mencari kampus yang ingin Anda tuju dengan membuka web www.studyintaiwan.org. Anda tinggal pilih saja kampus yang cocok dengan disiplin ilmu yang ingin didalami. 

Setelah mendapatkan kampus dan jurusan yang sesuai, silakan melihat persyaratan untuk mendaftar bagi mahasiswa internasional. Berbeda dengan negara lain, hampir setiap kampus di Taiwan menawarkan beasiswa kepada mahasiswa asing mulai dari bebas SPP, asrama, bahkan uang saku. 

Tingkatan beasiswa ini dibagi menurut tiga item tadi. Jadi, bisa saja saat mendaftar Anda mengajukan untuk dapat penuh, tapi dalam proses seleksi dan saat diumumkan Anda hanya dapat fasilitas bebas SPP saja atau bebas SPP dan sekalian asrama. Semuanya tergantung “kebaikan hati” dan pertimbangan pihak kampus.

Oleh karenanya, lengkapi semua persyaratan, termasuk aplikasi pendaftaran dan beasiswa serta TOEFL score dan lain-lain. Untuk ke Taiwan paling tidak TOEFL ITP Anda adalah 450. Cukup mudah bukan? Kemudian Anda e-mailkan semua persyaratan tadi ke kampus dengan memperhatikan jadwal aplikasi agar tidak terlambat atau Anda kirim lewat pos jika ada kampus yang mewajibkan begitu. Lalu tunggu saja nanti Anda akan menerima letter of acceptance dari kampus dengan tingkatan beasiswa yang Anda peroleh. Jadi, tidak perlu harus ada rekomendasi profesor agar Anda diterima kuliah di sini.

Selanjutnya jika Anda merasa yakin dan cocok dengan jenis beasiswa Anda dapatkan, maka tingkatkan saldo tabungan Anda sampai puluhan juta rupiah untuk mengurus visa ke Taiwan di Jakarta. Anda bisa membuka web www.teto.or.id yang merupakan perwakilan Taiwan di Indonesia dalam mengurus visa residen bagi pelajar/mahasiswa. 

Boleh juga mengurus sendiri visa ke Jakarta atau jika Anda jauh dan tidak sempat mengurusnya, maka siapkan uang paling tidak Rp 3.000.000 untuk pengurusan visa melalui agen perjalanan dan Anda menunggu paling tidak tiga minggu hingga visa, ijazah, transkrip nilai, asuransi, medical check up, dan lain-lain selesai diurus. Usahakan pengurusan visa jauh-jauh hari agar tidak santing dengan jadwal perkuliahan karena kalau Anda mau dapat tiket murah tentu harus dipesan beberapa bulan sebelum berangkat. Untuk kenyamanan dan kemurahan anda dalam perjalanan, bawalah uang tunai dalam bentuk US dolar atau rupiah sebanyak Anda punya, lalu pesanlah makanan dan bagasi bersamaan dengan tiketnya dan naiklah penerbangan di bandara hub, yaitu bandara yang sudah memiliki fasilitas fly thru, artinya Anda cukup sekali check in dan bagasi sampai ke Bandara Taoyuan, Taiwan. 

Sesampai di Taiwan tukarkan uang tunai Anda dengan Taiwan dolar dan selanjutnya menuju kampus yang Anda tuju ataupun dijemput oleh pihak kampus.

Masyarakat Taiwan sangat berbeda dalam beberapa hal dengan masyarakat Indonesia, khususnya orang Aceh. Budaya antre sangat mendarah daging di sini. Jadi, jangan coba-coba memotong antrean, sebab pasti Anda akan malu sendiri. 

Orang Taiwan juga sangat penuh perhitungan, sehingga segala sesuatu sudah mereka rencanakan dengan baik, baru dilaksanakan. Selamat menimbah ilmu di Taiwan. Nikmati kemudahannya dan segala daya tariknya.



Sumber :Serambi Indonesia

1 comments:

  1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya IBU HERAWATI seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor Togel toto 4D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya kunjungi situs/website KLIK DISINI RITUAL PESUGIHAN DUNIA GHAIB


    ReplyDelete